Senin, 03 Mei 2010

“Youth Jamboree in Singapore 2010”



Tema: A Broader Experience Makes More Advance Knowledge

SMPK Santo Yusuf Madiun sebagai salah satu Lembaga penyelenggara pendidikan yang telah menjejakkan diri selama 56 tahun melayani komunitas Madiun dan sekitar, terus berbenah diri dalam mengembangkan system pelayanan yang berorientasi pada kebutuhan para Peserta Didik pada masa sekarang maupun masa yang akan datang. Langkah-langkah tersebut diantaranya adalah pencapaian mutu yang berstandarisasi Nadional (dalam proses meraih Standar Internasional) dan perbaikan-perbaikan dari sisi fisik maupun pengembangan kurikulum pembelajaran serta pengayaan program yang mengarah pada peningkatan mutu pelayanan sebagai lembaga yang profesional.
Demi peningkatan mutu dan pengetahuan siswa dalam pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, maka sekolah menengah pertama Katolik Santo Yusuf mengambil inisiatif untuk mengadakan kegiatan “YOUTH SCIENCE JAMBOREE IN SINGAPORE”. Sains dipilih berdasarkan fungsi dan signifikasinya dalam pengembangan kehidupan secara umum dalam lingkup lokal di wilayah tinggal siswa maupun dalam lingkup yang lebih luas yaitu negara kita Indonesia. Sedangkan Singapura dipilih karena Singapura adalah salah satu Negara yang dinilai secara internasional berhasil mengatasi berbagai kendala Nasional, khususnya, keberadaan sumber daya alam yang sangat terbatas. Oleh karena itu program ini diharapkan dapat menunjang peningkatan SDM siswa dan siswi pada 5-10 tahun yang akan dating Kegiatan Jamboree ini akan berlangsung mulai tangggal 5 s.d. 10 Juli 2010. Kegiatan yang diikuti kurang lebih sebanyak 200 siswa SMP seluruh Indonesia ini akan difasilitasi oleh ELTIM Education Centre yang berkedudukan di Surabaya. Menurut jadwal, rangkaian kegiatan akan belangsung sebagai berikut:
a) DAY 1:
i) Leaving Madiun
ii) Gathered st Juanda International Airport
iii) Arrive ini Singapura:
(1) City Tour to Water Recycling Center
(2) To Sentosa Island
(3) Visit to “Songs of the sea

b) DAY 2:
i) Singapore Science Center
(1) Study Trip
(2) Workshop on analyzing DNA

c) DAY 3:
i) Singapore Universal Studio
ii) Back to Indonesia
iii) Trip to Madiun


Secara external, landasan berpikir yang mendasari kegiatan ini adalah untuk mempertahankan image sekolah yang berada dalam naungan nama pelindung “Santo Yusuf” yang sekaligus berlabel sekolah swasta. Fokus utamanya adalah mensosialisasikannya sebagai sumber belajar yang memiliki jangkauan program yang futuristic yang akan memperbesar kepercayaan public kepada Sekolah Santo Yusuf madiun

Tidak ada komentar: