Kamis, 15 Juli 2010

MOS SMPK St.Yusuf Madiun

Tahun ajaran baru 2010-2011 telah tiba!!! Kita semua disibukkan dengan banyak kegiatan. Bagi yang mau mulai sekolah ke jenjang lebih tinggi disibukkan dengan pendaftaran ke sekolah tujuan,sedang yang kenaikan kelas mulai dengan daftar ulang dan berbagai kegiatan lainnya.
Nah,di SMPK St.Yusuf Madiun,kita, para pengurus OSIS dan siswa kelas 8 dan 9 menyambut anggota baru keluarga kami. Yaitu,anak-anak kelas 7. Dan sambutan itu adalah kegiatan MOS atau Masa Orientasi Siswa.
MOS berlangsung selama 3 hari,dimulai dari tanggal 13 Juli 2010 hingga tanggal 15 Juli 2010.
Acara pada hari pertama,yakni Selasa,13 Juli 2010 yang diawali dengan upacara pembukaan MOS dilanjutkan dengan pembagian kelas para peserta MOS yang berjumlah 83 orang menjadi 3 kelompok kelas,yaitu Majapahit,Demak,dan Mataram. Kemudian,dengan didampingi kakak-kakak OSIS,adik-adik calon kelas 7 yang baru berkeliling melihat-lihat sekolah. Selain itu mereka menerima materi seperti Lingkungan Hidup,Wiyata Mandala,Cara Belajar,dan Tatib.
Pada hari kedua mereka diajari bagaimana sikap yang benar dalam Peraturan Baris Berbaris (PBB). Peserta MOS juga memperoleh banyak informasi mengenai ekstrakurikuler dan kegiatan organisasi lainnya di sekolah dari OSIS. Dan diakhiri dengan pelajaran kesenian. Mereka diajarkan untuk menyanyikan lagu-lagu Soyus. Lagu-lagu tersebut antara lain,Mars Santo Yusuf,Himne Santo Yusuf,Soyus,dan satu lagu baru yang berjudul We Say No to Drugs. Keempat lagu tersebut merupakan gubahan komposer handal sekolah,Bapak Lambertus Suwiryo dan Bapak Yohanes Supono.
Hari Kamis,15 Juli 2010, yang merupakan hari terakhir dari rangkaian acara MOS,merupakan hari dengan acara paling meriah. Pagi harinya,peserta MOS masih melakukan PBB dengan materi gerak jalan. Setelah istirahat,pada pukul 10.00 WIB, mereka menuju ke aula untuk persiapan lomba koor antar kelompok dengan lagu yang dilombakan antara lain Mars Santo Yusuf,Himne Santo Yusuf,serta We Say No to Drugs. Di peroleh pemenang pertama kelompok Majapahit,kedua Mataram,dan ketiga Demak.
MOS ditutup dengan upacara pentupan sekaligus pelantikan siswa baru. Mereka bukan lagi calon siswa Soyus,melainkan sudah resmi menjadi siswa Soyus. Penuh dengan harapan untuk menjadi yang terbaik. Soyus...Soyus...Soyus... YES!!!!

Oleh: Monica Agnes 9a

Tidak ada komentar: