Sabtu, 07 November 2009

STUDY TOUR KE BANDUNG

Minggu, 18 Oktober 2009 kami siswa- siswi SMPK Santo Yusuf melakukan perjalanan study tour ke Bandung.
Kami berangkat pukul 14:00, menempuh perjalanan selama 14 jam di dalam bus dari Madiun menuju Bandung . Dalam perjalanan kami berhenti beberapa kali untuk makan maupun untuk beristirahan sejenak di SPBU.
Kami memasuki Kota Bandung pukul 4 subuh. Kami berhenti di restaurant Ponyo untuk mandi, berbenah diri serta makan pagi.
Setelah itu, kami langsung melanjutkan kegiatan wisata ilmu budidaya ulat sutera di Padepokan Dayang sumbi, tepatnya di Desa Pamoyanan, Kec. Cimenyan, Kab. Bandung . Ditempat yang telah dikembangkan oleh Bpk. Wibowo Moerdoko tersebut, kami belajar tentang cara budidaya ulat sutera, hingga proses pembuatan kain sampai siap untuk dipasarkan. Dengan demikian kami menjadi tahu bahwa segala sesuatu jika dikerjakan dengan baik, akan menghasilkan sesuatu yang sangat bermanfaat, walau ulat sekalipun.
Setelah puas mempelajari tentang budidaya ulat sutra, kami melanjutkan perjalanan menuju hotel Mutiara untuk beristirahat dan bersiap untuk kegiatan selanjutnya.
Sore hari setelah memulihkan tenaga, kami melanjutkan wisata menuju Cibaduyut. Disana terdapat banyak toko sepatu, tas juga makanan oleh- oleh khas Bandung .
Setelah berbelanja oleh- oleh di Cibaduyut, kami makan malam bersama di restaurant Ampera. Kemudian kami menuju Bandung Super Mall (BSM). Kami kembali ke hotel pukul 22:00.
Esok harinya, kami makan pagi di hotel. Setelah itu kami bersiap untuk checkout dari hotel. Untuk kegiatan wisata selanjutnya, kami dibagi menjadi 2 kelompok besar: kelompok pertama (100 anak) menuju Observatorium Bosscha.
Kelompok kedua menuju ke Tangkuban Perahu. Saya pada saat itu mengikuti kegiatan dari kelompok pertama.
Di bosscha, kami diberi penjelasan mengenai hal- hal bidang astronomi. Kami juga diperkenankan masuk dan mempelajari tempat observasi benda- benda langit tetapi sayangnya kita tidak bisa meneropong secara langsung karena kegiatan observasi benda langit hanya bisa dilakukan pada malam hari.
Usai menambah pengetahuan di observatorium Bosscha, melanjutkan perjalanan untuk menikmati keindahan kawah gunung Tangkuban Perahu. Untuk menghemat waktu, kami makan siang bersama di dalam bus sambil menikmati pemandangan selama perjalanan. Di dalam perjalanan, kami berpapasan dengan kelompok kedua yang hendak menuju ke Wisata Outbound di Grafika Restaurant Bandung . Selama 2 jam, kami menikmati pemandangan, berfoto bersama juga berbelanja cindera mata, seperti: Topi bulu kelinci, cincin batu, strawberry, black berry, dll.
Puas menikmati keindahan alam di Tangkuban Perahu, kami menjemput teman-teman yang lain yang sedang melakukan kegiatan outbound di Grafika Restaurant.
Kemudian kami bersama- sama menuju ke pusat belanja di Cihampelas. Disana, kami berpencar dalam beberapa kelompok untuk berbelanja oleh- oleh.
Pukul 19.00, kami semua melanjutkan perjalanan pulang ke Madiun. Setelah menempuh perjalanan selama 19 jam, kami sampai di Madiun. Walau lelah, itu tak sebanding dengan pengalaman dan pelajaran yang kita dapatkan.Perjalanan itu menjadi pengalaman yang tak terlupakan bagi kami semua.^^